Sabtu, 08 Desember 2012

PERKEMBANGAN KOMPUTER

Ilmu komputer itu sendiri adalah luas, yaitu pengetahuan dalam bidang penggunaan dan tata cara bekerjanya suatu komputer. Pengetahuan tentang tata cara bekerja komputer ini disebut dengan Electronic Data Processing (EDP). Jadi ilmu komputer erat sekali hubungannya dengan EDP.

DEFINI KOMPUTER
  • Komputer berasal dari kata 'to Compute' yang berarti menghitung. 
  • Adalah suatu alat hitung dengan konstruksi elektronika yang mempunyai storage internal (tempat penyimpanan) dan bekerja dengan bantuan Operating System (OS) menurut program-program yang diberikan kepadanya.
  • 4 Hal yang perlu ada dalam komputer, diantaranya : Alat dengan konstruksi elektronika (mainframe komputer, mini computer, personal computer atau PC ), storage Internal (memory), Sistem Operasi (Windows XP, seven, Vista, Linux dll), Program.
Elektronika merupakan alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran pratikel.
                

JENIS-JENIS KOMPUTER

Pembagian komputer menurut jenisnya, diantaranya:
  1. Cara Kerja
  2. Kegunaan
  3. Kapasitas kerja dan Memori
Berdasarkan Cara Kerja komputer terbagi menjadi 3 jenis, yaitu :
  1. Komputer Analog. Komputer yang beroperasi secara pararel atau sama dengan besar fisik atau angka-angka yang diterimanya. Digunakan untuk mengukur data kualitatif seperti temperatur, tinggi nada suara, tegangan listrik. Sebagai contohnya penggunaan komputer pada alat volt meter, jam listrik, barometer. 
  2. Komputer Digital. Komputer yang beroperasi atau bekerja dengan angka-angka atau tanda-tanda lain seperti, huruf, tanda baca dan karakter khusus lainnya yang dalam operasinya di identifikaskan sebagai angka. Karena komputer ini mempunyai kemampuan kalkulasi dan manipulasi data, maka komputer digital sering digunakan orang untuk aplikasi-aplikasi bisnis dan aplikasi mengelola data kuantitatif.
  3. Komputer Hybrid. Gabungan dari kedua jenis komputer diatas. Hybrid berkerja atau beroperasi dengan angka atau besaran fisik yang diterimanya. Digunakan untuk mengelola data yg bersifat Kualitatif atau kuantitatif. Digunakan oleh berbagai RS untuk memeriksa keadaan tubuh pasien dan dapat menganalisa dalam bentuk gambar, grafik ataupun tulisan. 
Kualitatif itu berdasarkan mutu atau daya guna. Sedangkan kuantitatif menyatakan jumlah/ banyak.
CONTOH

Objek : Sebuah Kampus
Kuantitatif : Bagus, Akreditas A
Kuantutatif : Jumlah siswanya banyak

Data Kualitatif. Data yg dhimpun berdasarkan cara-cara yg melihat prosese suatu objek penelitian.
Data Kuantitatif. Mendasarkan hasil penelitian pd perhitungan-perhitungan matematis yg kemudian memberikan gambaran atas suatu fenomena kasus yg diajukan dlm bentuk penelitian. Data angka yg dhasilkan menajdi acuan atau parameter tingkat level yg telah dtentukan sebelumnya.


Berdasarkan kegunaaannya komputer terbagi menjadi 2 golongan.
Yang pertama, komputer serba guna (general Purpose)
Yang kedua, komputer untuk penggunaan khusus (Special Purpose)

Berdasarkan kapasitas kerja dan memori komputer dibagi atas 3 kelas, yaitu :
  1. Mikrokomputer
  2. Minikomputer
  3. Mainframe






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tunggu yah balesan dari sayaa..!!!