Sabtu, 24 November 2012

DATA WAREHOUSE

DEFINISI

  • Data Warehouse adalah pusat repositori informasi yang mampu memberikan database berorientasi subjek untuk informasi yang bersifat histori yang mendukung DSS (Decision Suport System) dan EIS (Executive Information System).
  • Salinan dari transaksi data yang terstruktur secara spesifik pada query dan analisa serta laporan
Ket: repositori itu tempat dimana data disave/ dsimpan dan dipelihara.


TUJUAN

  1. Meningkatkan kualitas dan akurasi informasi bisnis dan mengirimkan informasinya ke pemakai dalam bentuk yang dimengerti & dapat diakses dengan mudah.


CIRI-CIRI DATA WAREHOUSE
Ada 4 karakteristik data warehouse, diantaranya:
  1. Subject Oriented
  2. Integrated
  3. Time-Variant
  4. Non-Volatile
Subject Oriented, Data yang disusun menurut subject berisi hanya informasi  penting bagi pemrosesan decision support. Databasenya yang tersimpan dikelompokan berdasarkan subject tertentu, kaya misalkan pelanggan, gudang ataupun pasar. Kemudian, semua informasinya disimpan dlam bentuk suatu sistem data warehouse. Nah, data-datanya yng ada disetiap subject itu dirangkum kedalam dimensi, misalkan : periode waktunya, produk, wilayah jadi dapat memberikan nilai histori untuk bahan analisanya.

Integrated, Jika data terletak pada berbagai aplikasi yang terpisah dalam suatu lingkungan operasional, encoding data sering tidk seragam sehingga bila data dipindahkan ke data warehouse maka coding akan diasumsikan saka seperti lazimmnya.

Time-Variant, Data warehouse adlah tempat untuk storing data selama 5 - 10 tahun atau bisa lebih, data itu dgunakan untuk perbandingan atau perkiraan dan data ini tidak dapat diperbahurui.

Non Volatile, Data tidak dapat diperbahurui atau drubah-ubah tetapi HANYA dapat ditambah dan dilihat.


MASALAH_MASALAH DALAM MENERAPKAN DATA WAREHOUSE
  • Dokumentasi dan pengolahan metadata dari data warehouse.
  • Penentuan aturan dalam proses transformasi untuk memetakan berbagai sumber legacy data yang akan dimasukkan ke dalam data warehouse.
  • Pencapaian proses pengembangan yang handal, baik dalam membngun, mengimplementasikan, maupun memelihara data warehouse.
Ket: untuk legacy data itu kalo menurut saya sndri itu berupa data lama atau data yang udah ada dan dapat dgunakan kembali. Jdi data yang lama bisa dikembangkan kembali ^^, 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tunggu yah balesan dari sayaa..!!!