Minggu, 25 Oktober 2009

Adobe Photoshop Interface


Fungsi Umum 


Nama Komponen Fungsi dan Kegunaan

Title bar merupakan batang judul jendela yang berfungsi untuk menampilkan judul atau nama program yang sedang dijalankan. Selain itu title bar juga berfungsi untuk :
• Memindahkan posisi jendela dengan menggunakan proses drag dan drop pada bagian Title Bar tersebut.
• Mengatur ukuran jendela dari ukuran ' Maximize' ke ukuran Restore ataupun sebaliknya dengan proses klik ganda pada bagian Title Bar tersebut.



Menu Bar Merupakan baris menu yang berisi perintah dan fasilitas default yang disediakan oleh sebuah program yang mendukung kinerja dari program tersebut. Saat pertama kali jendela Adobe Photoshop terbuka, dapat dilihat sembiian piiihan menu utama, yaitu: File, Edit, Image, Layer, Select, Filter, View; Window, dan Help. 



Menu bar Adobe Photoshop memiliki sederetan menu yang masing-masing mempunyai arti dan-fungsi yang berbeda ".

Toolbox merupakan sebuah bagian yang berisi berbagai piranti yang dapat digunakan untuk memanipulasi dan menyunting sebuah gambar atau, photo, Kita dapat menggunakan piranti yang ada dalam Toolbox untuk melakukan seleksi, membuat teks dan objek, memodiikasi dan pewarnaan. Untuk menampiikan Toolbox, gunakan menu Window Tools.



Option Bar merupakan bagian yang berisi sekumpulan tombol atau pilihan yang dapat digunakan untuk melaksanakan suatu perintah tertentu dalam mengoperasikan program Adobe Photoshop, Tombol pilihan yang ditampilkan di dalam option bar akan menyesuaikan dengan tombol atau peranti yang terpilih di dalam ToolBOx.


Palet dalam Photoshop digunakan untuk mengontrol sifat dan cara kerja dari tombol-tombol yang ada di dalam toolbox serta mendukung proses kerja yang terjadi pada gambar atau photo yang sedang dikerjakan. Pilihan pada menu Window menunjukkan jenis-jenis palet yang ada. Jika dipilih salali satu palet melalui menu window tersebut, maka akan ditampilkan sebagai tampilan- jendela yang melayang (Floating Window) dalam ruang kerja (Worksheet) Worksheet Area Merupakan area kerja, atau tampilan kerja dari file atau gambar yang sedang dikerjakan.

1 komentar:

Tunggu yah balesan dari sayaa..!!!